JURNAL PEMBUATAN HERBARIUM PDF

Keragaman Rubus di Gunung Kembang Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah dan Potensi Pemanfaatannya. Jurnal Penelitian Hasil Hutan. .. Jurnal Food Chemistry Pembuatan Asap Cair Dari Limbah Kayu Suren (Toona sureni), specimen was then identified and confirmed by botanist of Herbarium Laboratory, Faculty of. Making Herbarium. Making herbarium was following Onrizal method () that in- cludes i. Sample . Teknik Pembuatan Herbarium. E-USU Repository. BerdasarkanKarakterMorfologi, -.

Author: Shagor Kazishicage
Country: Montserrat
Language: English (Spanish)
Genre: Automotive
Published (Last): 27 September 2017
Pages: 490
PDF File Size: 9.34 Mb
ePub File Size: 4.71 Mb
ISBN: 248-5-39800-871-4
Downloads: 10978
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Momi

Pada tahun untuk pertamakalinya pimpinan Kebun Raya dipegang oleh bangsa Indonesia yaitu Sudjana Kassan menggantikan J.

Inilah awal mula Kebun Raya Bogor dalam bentuknya yang sekarang. Selama masa jabatannya, Teijsmann berhasil membawa ribuan spesies tumbuhan ke Kebun Raya Bogor dari herbariuum ke berbagai negara.

JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

Teijsmann kemudian digantikan oleh Dr. Peperangan yang terjadi di Eropa menyebabkan Belanda mengalami kelesuan, Kerajaan Belanda pun mengembangkan ilmu pengetahuan, maka dikirimlah Cornelis Theodorus Eloutdan G.

Terkait dengan pengembangan koleksi tanaman yang sesuai dengan iklim di Indonesia, Kebun Raya Bogor membangun beberapa cabang kebun raya lainnya:. Ini merupakan sebuah kerja keras dimana sebagian koleksi Kebun Raya Bogor harus ditanam ulang dan memindahkan beberapa pohon yang terlalu besar, memberi label merah untuk menandai tanggal penanamannya yang masih dapat Anda lihat sekarang.

Setahun kemudian pada tanggal 30 Mei Kebun Raya Bogor secara resmi terpisah kepengurusannya dengan halaman Istana Bogor.

  ACCORDI PER MANDOLINO PDF

Sejarah Kebun Raya Bogor

Namun pada perkembangannya pendirian Kebun Raya Bogor bisa dikatakan mengawali pembuqtan ilmu pengetahuan di Indonesia dan sebagai nerbarium bagi ilmuwan terutama bidang botani di Indonesia secara terorganisasi pada zaman itu – Reinwardt menjadi pengarah pertamanya dari sampai Dengan dibantu oleh Justus Karl Hasskarlia melakukan pengaturan penanaman tanaman koleksi dengan mengelompokkan menurut suku familia.

Dan atas jasanya, pihak Kebun Herbatium Bogor memberikan penghargaan berupa tugu peringatan di Taman Tijsmann dengan 4 spesies pohon jati dan verbena dari marga Teijsmaniodendron diambil dari namanya. Ia kemudian dikenal sebagai seorang pendiri Herbarium Bogoriense. Sekitar 47 hektar tanah di sekitar Istana Bogor dan bekas Samida dijadikan lahan pertama untuk kebun botani.

Ia juga menyusun katalog kebun yang pertama berhasil dicatat sebanyak jenis spesies tanaman. Baron van der Capellen ke Indonesia dengan Prof.

Pelaksanaan pembangunan kebun ini pernah terhenti karena kekurangan dana tetapi kemudian dirintis lagi oleh Johannes Elias Teijsmannseorang ahli kebun istana Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch. Dari sini lahir beberapa institusi ilmu pengetahuan lain, seperti Bibliotheca BogoriensisHerbarium BogorienseKebun Raya CibodasLaboratorium Treubdan Museum dan Laboratorium Zoologi Pada masa itu diperkirakan sekitar tanaman hidup ditanam di kebun tersebut.

Akhirnya, tanggal 18 MeiGubernur Jenderal G. Rudolph Herman Christiaan Carel Schefferpada tahun ia menjadi direktur dan digantikan oleh Prof. Pada tahun Reinwardt kembali ke Belanda dan digantikan oleh Dr. Baron van der Capellengagasan tersebut kemudian disetujuinya.

Pada tanggal 15 April Reinwardt mencetuskan gagasan untuk mendirikan kebun botani kepada Gubernur Jenderal G. Reinwardt juga menjadi perintis di bidang pembuatan herbarium. Reinwardt langsung memulai riset dalam bidang ilmu tumbuh-tumbuhan, Ia tertarik menyelidiki berbagai tanaman yang digunakan untuk pengobatan dan menganggap eksplorasi tumbuhan dan masalah pertanian juga merupakan tugasnya di Hindia Belanda.

  LION HIDEO KOMATSU PDF

Responsive jQuery Content Slider. Kesempatan ini digunakannya untuk mengumpulkan tanaman dan benih dari bagian lain Nusantara. Pada mulanya kebun ini hanya akan digunakan sebagai kebun percobaan hernarium tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda. Carl Ludwig Blume yang melakukan inventarisasi tanaman koleksi yang tumbuh di kebun.

Kemudian Ia memutuskan untuk mengumpulkan semua tanaman ini di sebuah kebun botani di sekitar halaman Istana Bogor yang sebelumnya didiami oleh Letnan-Gubernur Thomas Stamford Raffles bersama isterinya Olivia Mariamne Raffles selama masa peralihan heebarium Pemerintah Inggris ke Kerajaan Belanda di Pulau Jawa pada tahun sampai Melalui bantuan seorang ahli botani William Kentlahan yang awalnya merupakan halaman Istana Bogor dikembangkan menjadi sebuah kebun yang cantik.

Raffles menyulap halaman istana iurnal taman bergaya Inggris klasik. Pendiriannya diawali dengan menancapkan ayunan cangkul pertama di bumi Pajajaran sebagai pertanda dibangunnya pembangunan kebun itu, yang pelaksanaannya dipimpin oleh Reinwardt sendiri, dibantu oleh James Hooper dan W. Griya Anggrek Kebun Raya Bogor.

Dengan segera Bogor menjadi pusat pengembangan pertanian dan hortikultura di Indonesia.

Author: admin